Minggu, 12 April 2015

Fakta The Usual Suspects (1995)

The Usual Suspects adalah film yang paling sulit saya buat reviewnya, yah hampir rata-rata yang memberikan ulasan tentang film ini mau tak mau harus melakukan spoiler (membocorkan isi/ending cerita), karena toh kekuatan film ini sejatinya berasal dari endingnya yang tak terduga.

IMDB Rating : 8.7
demam malam rating : A+

Metascore : 77/100
Genre : Crime, Drama, Thriller
Director :
 Bryan Singer, Writter : Christopher McQuarrie Stars : Kevin Spacey, Gabriel Byrne, Chazz Palminteri, Kevin Pollak, Benicio Del Toro, Stephen Baldwin Official Site : MGM Studios, Language : English, Release Date : 15 Desember 1995 (USA), Runtime : 106 minutes.  
Oscar Wons : 2 (Kevin Spacey – Best Actor in a Supporting Role, Christopher McQuarrie – Best Writing, Screenplay Written)


Karena sulitnya untuk mereview maka, saya coba buat ulasan dan fakta tentang film yang labeli oleh America Institute Film (AFI), sebagai salah satu film dengan genre “mystery” terbaik sepanjang masa.

1. 100 % Kemenangan di Oscar 1996 dan Misteri Keyzer Soze

The Usual Suspects hanya memperoleh dua nominasi di oscar tahun tersebut. Ketegori pertama ialah Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen (Christopher McQuarrie) dan Best Actor in Suporting Role (Kevin Spacey), dan hebatnya keduanya meraih oscar dan mencetak kemenangan 100% di Oscar.
Kevin Spacey menerima oscar pertamanya
Ada moment unik ketika Kevin Spacey naik ke podium untuk menerima penghargaan oscar tersebut, dia mengatakan sebuah kalimat di awal pidato kemenangannya 
"Well, whoever Keyzer Soze is, I can tell you he's gonna get gloriously drunk tonight.”             

So, siapa Keyzer Soze sampai seorang Kevin Spacey, menyinggung namanya di acara kehormatannya tersebut. Bahkan di poster promosi filmnya bertagline “Who is Keyzes Soze”. Pengen tau ? Watch this movie now!. 

2. Pemeran Awal Dave Kujan
Chazz Palmenteri, Al Pacino, Christoph Walken, Robert De Niro
Bagi yang belom tau atau belom pernah nonton nih film, dave kujan diperankan oleh Chazz Palmenteri ialah si polisi yang menginvestigasi dan mengintrograsi Roger”verbal”Kint (karakter yang diperankan oleh kevin spacey), sebagai tokoh kunci dalam nih film awalnya banyak aktor beken dan terkenal ditawari untuk memerankan karekter Dave Kujan, seperti Robert De Niro, Christoph Walken, dan Al Pacino. Al Pacino mengungkapkan bahwa penolakannya untuk peran ini ialah yang paling ia sesali dalam karir akting beliau, so bisa aja kamu bayang kan bagaimana tambah kerennya kalo om Al Pacino yang jadi Dave Kujan?

3. Cerita Twist Terbaik

Dalam poling di situs imdb, The Usual Suspects memperoleh hasil terbaik untuk “best plot twist” mengalahkan Sixth Sense (1999), The Crying Game (1992), dan Witness for The Prosecution (1957).
Bahkan beredar cerita di pemain Kevin Spacey, membaca skripnya sebanyak 2 kali agar memahami dan mengerti cerita dalam film tersebut. (ketika pemerannya aja hampir bingung, gmana penontonnya ?)

4. Bayaran Aktor
Info yang di peroleh dari Imdb, sebagai film dengan berbudget rendah, seluruh pemeran dalam film ini mendapatkan upah lebih rendah dari biasanya mereka beraktng. Toh itu sebanding dengan ketenaran yang mereka peroleh setelah membintangi film tersebut.

5. Asal Usul nama Karakter
Chritopher McQuarrie
Semua nama karakter di The Usual Suspects, bersumber dari penulis skenario, Christopher McQuarrie, dari mana dia memperolehnya ? ternyata penamaannya berasal dari nama rekan dan anggota staff dari biro hukum dan dan kantor detektif tempat beliau bekerja di waktu muda (sangat kreatif sekali, pertanda bahwa si christopher hafal nama semua rekan kerjanya dulu)

Bahkan nama sang legendaris Keyzer Soze juga, awalnya Keyzer Soze akan diberikan nama Keyzer Some, sesuai dengan nama bos lama sang penulis skenario. Setelah memperlihatkan script pada bos lamanya, si bos merasa keberatan karena namanya digunakan untuk karakter jahat, sehingga minta perubahan harus dibuat.




Sekianlah fakta yang coba kita buat, bagi yang belom pernah menonton film tersebut ? saya sarankan tontonlah sebelum anda mati, saran saya jangan menonton sangant mood sedang jelek atau pikiran sedang penat. Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar