Kamis, 18 Juni 2009

Hakikat Cinta

punya blog tapi tanpa posting, ibarat makan nasi goreng tapi tidak diberi telur, terasa ada yang kurang, begitu juga blog yang semakin aneh ini, ingin mencoba membuat suatu tulisan berkaitan dengan ceramah yang saya dengar ketika saya mengasingkan diri untuk ujian kemaren, saya lupa siapa yang ceramah, pokoknya inti ceramahnya tentang hakekat cinta.. dan ketika kita mendengar kata cinta maka ada yang lain dari diri saya sendiri...

Berbicara cinta merupakan suatu topik yang selalu menarik dan selalu menyimpan misteri ketika kita mencoba menguak pengertian cinta itu sendiri. Tak heran, jika seminar – seminar yang ada menyentuh kata “cinta” mampu menarik minat para insan untuk datang dan mengikutinya. Berbeda dengan tema – tema lain, seperti : seminar kewirausahaan ataupun yang lain.

Bagi kita manusia, cinta adalah bagian dari fitrahnya Sang Pencipta, orang yang kehilangan cinta patut dipertanyakan normal atau tidaknya, akan tetapi lebih banyak orang yang menderita karena cinta, penafsiran kata “cinta” yang salah telah membuatnya buta dan tak bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Bersyukurlah orang – orang yang diberi cinta dan mampu menyikapi rasa cinta itu dengan tepat.

Al-Qur’an telah menyinggung tentang cinta pada (Al-Qur`an: Al-Imron ayat 14)

"Dijadikan indah pada pandangan manusia, kecintaan kepada apa-apa yang diinginkan yaitu wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup didunia dan disisi Allah tempat kembali yang baik." (Al-Qur`an: Al-Imron ayat 14)

Dan dari haddist rasullulah

"Cintamu kepada sesuatu menjadikan kamu buta dan tuli." (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

Cinta memang sudah ada dalam diri kita, salah satu bentuknya adalah cinta terhadap lawan jenis. namun jika kita tidak hati-hati cinta bisa menulikan dan membutakan kita. Cinta yang paling tinggi adalah cinta karena Allah dan cirinya adalah orang yang tidak memaksakan kehendaknya. Tapi ada juga cinta yang menjadi cobaan buat kita yaitu cinta yang lebih cenderung kepada maksiat. Cinta yang semakin bergelora hawa nafsu, makin berkurang rasa malu. Dan, inilah yang paling berbahaya dari cinta yang tidak terkendali.

Islam tidak melarang atau mengekang manusia dari rasa cinta tapi mengarahkan cinta tetap pada rel yang menjaga martabat kehormatan, baik wanita maupun laki-laki. Kalau kita jatuh cinta harus hati-hati karena seperti minum air laut semakin diminum semakin haus. Cinta yang sejati adalah cinta yang setelah akad nikah, selebihnya adalah cobaan dan fitnah saja.

Cara untuk bisa mengendalikan rasa cinta adalah jaga pandangan, jangan berkhalwat berdua-duaan, jangan dekati zina dalam bentuk apapun dan jangan saling bersentuhan. Bagi orang tua yang membolehkan anaknya berpacaran, harus siap-siap menanggung resiko. Marilah kita mengalihkan rasa cinta kita kepada Allah dengan memperbanyak sholawat, dzikir, istighfar dan sholat sehingga kita tidak diperdaya oleh nafsu, karena nafsu yang akan memperdayakan kita. Sepertinya cinta padahal nafsu belaka.


begitulah, kira-kira isi ceramahnya... lebih kurang silahkan ditawar aja...
nah.... sebenarnya, saya juga binggung neh,..,,,,,,,
agar saya tak binggung.. jadi saya mencoba untuk berpura-pura ngerti aja yah...

37 komentar:

  1. Hakikat cinta??? wew.... yg penting asik aja deh bro..... hehehee..

    BalasHapus
  2. pokonya menjauh dari perbuatan yang uaneh2 :)

    BalasHapus
  3. kalau cinta sudah bertindak...

    BalasHapus
  4. Selalu cinta lah yang mengisi kehidupan...hahhahahaaa....

    Salut sob, dunia tanpa cinta ibarat punya blog tanpa postingan, trus punya postingan tanpa Komentar....iya gak..??? coment balik ya...:)

    BalasHapus
  5. wah keren nich postingannya bermanfaat banget...makasih yahh...sukses selalu
    maju terus blogger indonesia...
    salam blogger...thanks...

    BalasHapus
  6. cinta itu suci dan murni...
    C: CURAHAN HATI YANG...
    I: INDAH BERHIAS DIMANA...
    N: NURANI BERPERAN DAN..
    T: TULUS BILA DIBERIKAN SERTA..
    A: ALLAH YANG CIPTAKAN
    my older posting jga da tentang cinta...
    yang

    klu nafsu siyy... cinta pada setan berarti dunk...

    tx dah kunjungi ilmair leave comennt jg dunk...

    BalasHapus
  7. artikelnya bagus, tapi jaman sekarang kayaknya susah ya? tapi semua itu tergantung pada diri masing-masing...

    BalasHapus
  8. cinta adalah bahasan yaang ga pernah habis uat di ungkap..tiap orang menterjemahkan dengan cara2 yang erbeda. dan terjemahan terbaik sih adalah soal cinta yang bisa membuat kita selamat dunia akhirat

    BalasHapus
  9. Cintai blogmu sobat...
    :D

    BalasHapus
  10. cinta memang bisa membuat kita lupa akan segalanya..

    lupa segalanya?? wah klo gitu pikun donk.. hehehe...

    oke deh pokoke teruskan cintamu sob ^_^

    BalasHapus
  11. cinta . . . cinta . . .

    ia bisa berarti baik sekali ataupun buruk sekali . . .

    tergantung kepada siapa dan bagaimana cinta itu di gunakan

    komen balik yah

    http://alloh-only.blogspot.com/2009/05/wisata-seo-sadau.html

    BalasHapus
  12. ass salam ukhuwah silaturhm biar nambah rizki

    BalasHapus
  13. selalu speachlesskalo bicara cinta...

    BalasHapus
  14. Cinta ... hmmm....hanya bisa dirasakan keknya, dan agak susah bila mau diteoriin

    BalasHapus
  15. cinta kepada lawan jenis memang sebuah kenikmatan yg istimewa untuk umat_Nya... hanya saja banyak manusia yg tidak mengerti aturan main_nya! maka, hanya orang yg bertaqwalah yg akan menemukan kenikmatan cinta yang sesungguhnya di bawah naungan_Nya :-)

    BalasHapus
  16. wah komplet sudahkomentar para sohib aku komentar apa ya... oh ya.. bagiku sih cinta itu suci ya.. jadi jalani dengan aktifitas yang suci-suci aja,..danjangan kita kotori, karena cinta adalah fitrah kita yang diberikan dari maha pemilik cinta.. Allah SWT..

    BalasHapus
  17. mkasih semuanya dah komen.

    luvu u deh,....

    BalasHapus
  18. cinta...

    makin kita pikir..
    makin bingung kita dibuatnya...

    BalasHapus
  19. Cinta memiliki dua mata. Yang satu adalah keindahan, yang lainnya adalah destruktif. Cinta menjadi indah ketika bertitik tolak dari iman. Sebaliknya, menjadi kehancuran ketika dibiarkan bebas. CInta adalah alat yang diciptakan Allah untuk menguji manusia atas pilihannya: Indah atau Rusak. Wallahu a'lam.

    BalasHapus
  20. cinta oh cinta... deritanya tiada pernah ada akhir... :D

    BalasHapus
  21. cinta adalah tempat dimana 2 pasang manusia saling berbagi, saling melindungi, dan saling mengerti diantara satu sama lain...



    jiahhhh.... bhs gw tinggi amat....
    =)) =)) =))

    BalasHapus
  22. @dany = ngak tinggi2 banget kok... masih banyak yang ngerti..

    BalasHapus
  23. Kalo menurut aku Cinta itu ada 3 Jenis
    1. Eros cinta kepada lawan jenis karena adanya saling ketertarikan satau sama lain. Cinta yang mengharapkan balas

    2. Fillia cinta terhadap sesama manusia atau semua orang. Karena cintailah sesamamu seperti engkau mencintai dirimu sendiri. Jadi kalau kau mencintai diri harus mencintai orang lain agar dirimu balik dicintai.

    3. Agape ini adalh cinta tertinggi Cinta yang mengorbankan jiwa raga tanpa menuntut balas. Contoh: saudara kembar salah seorang dari saudara kembar sebut saja si A di membunuh tapi karena si B mencintai saudaranya maka dia mengaku sebagai si A dan dihukum mati. Terus si B mengaku dia yg membunuh dan B tidak bisa dihukum karena si A sdh menanggungnya

    BalasHapus
  24. Wah,..saya nggak sadar kalo cinta ada hakekatnya...klo soal cinta saya langsung praktek. klo nggak percaya tanya aja pacar saya hehehehehe..

    BalasHapus
  25. @aurenfl = referensi tentang cinta yang baik,,, namun kita belum tau neh kalo auren, jenis yang mana ?

    BalasHapus
  26. @jhonThor = aplikasi perlu, tapi kita harus mengetahui apa hakekat cinta sesungguhnya, jgn asal ribak aja... hehehehehehehehe

    BalasHapus
  27. @karumbu = saya sependapat dengan anda...

    BalasHapus
  28. Ada sebuah kitab karya imam ibnul qayyim yang membahas tentang cinta,judulnya "raudhatul muhibbin" / taman orang jatuh cinta dan memendam rindu...bagus lho

    BalasHapus
  29. Lagi-lagi merah jambu.. :))
    Sipp dah..

    BalasHapus
  30. Semua tuch tinggal gmn kita menyingkapinya sob...,maju terus dgn cinta.

    BalasHapus